Apakah Anda sering bingung dengan perbedaan waralaba dan franchise? Mari saya jelaskan lebih detail tentang kata-kata istilah di waralaba dan franchise tersebut.
Waralaba dan franchise itu pada dasarnya mempunyai arti yang sama. Waralaba itu
sendiri adalah bahasa Indonesia yang mana di dalam KBBI (Kamus Besar
Bahasa Indonesia) mempunyai arti kerja sama dalam bidang usaha dengan
bagi hasil sesuai denga kesepakatan, hak kelola, hak pemasaran. Begitu
juga artinya dengan franchise. Wara berarti lebih dan Laba itu mempunyai arti untung, jadiwaralaba itu sering mempunyai arti kata lain lebih untung.Kata Franchise dipopulerkan oleh negara Amerika Serikat sekitar akhir perang dunia ke-2 atau sekitar tahun 1960-an. Saat itu banyak berkembang bisnis maupun penipuan yang menggunakan sistem franchise. Tetapi kata franchise ini adalah bahasa Perancis yang sejarahnya dahulu kala raja memberikan hak tanah kepada para bangsawan dengan hak balik upeti kepada raja.
Pada tahun 1960 telah berdiri organisasi yang bernama IFA (International Franchise Association) dengan alamat website “franchise.org”. Tujuan IFA berdiri adalah membuat usaha franchise mempunyai lisensi dan berada di dalam standar IFA yang ada agar usaha franchise tersebut layak untuk diminati. Pada tahun 1978, Federal Trade Commission (FTC) mengeluarkan peraturan yang mewajibkan setiap Franchisor yang akan memberikan penawaran peluang waralaba kepada publik untuk memiliki UFOC (Uniform Franchise Offering Circular).
UFOC adalah dokumen yang berisi informasi lengkap mengenai peluang bisnis Franchise yang ditawarkan, seperti: sejarah bisnis, pengelola, hal yang berkaitan dengan hukum, prakiraan investasi, deskripsi konsep bisnis, dan salinan dari perjanjian Franchise. Selain itu daftar nama, alamat dan nomor telepon dari pemilik Franchise adalah informasi yang diwajibkan. UFOC bertujuan untuk menyampaikan informasi yang cukup mengenai perusahaan untuk membantu calon Franchisee dalam mengambil keputusan.
Menurut peraturan yang menjadi payung hukum waralaba di Indonesia, yaitu UU No 42 Tahun 2007, yang dimaksud Waralaba atau Franchising adalah hak khusus yang dimiliki oleh orang perseorangan atau badan usaha terhadap sistem bisnis dengan ciri khas usaha dalam rangka memasarkan barang dan/atau jasa yang telah terbukti berhasil dan dapat dimanfaatkan dan/atau digunakan oleh pihak lain berdasarkan perjanjian waralaba. Jadi bisnis waralaba yang berkembang di Indonesia harus terbukti berhasil dahulu sebelum mempunyai lisensi.
Kata lain yang ada di dalam bisnis waralaba dan franchise adalah franchising, sama artinya pewaralabaan, franchisor adalah pewaralaba (yang mempunyai usaha waralaba), sedangkan franchisee adalah orang yang menjalankan usaha waralaba dari franchisor. Lalu mengapa memilih waralaba sebagai opsi dalam berbisnis? Waralaba diminati para pengusaha atau investor karena resiko gagal lebih kecil dibanding membangun usaha sendiri. Sistem waralaba mempunyai prosedur dan sistem kerja maupun marketing yang siap pakai, ini menghemat waktu, tenaga dan pikiran bagi para franchisee.
Alasan lain yaitu menggunakan brand yang sudah dahulu dikenal masyarakat sehingga image usaha sudah diketahui oleh masyarakat
http://fitrishaadr.wordpress.com/2012/12/30/pengertian-bisnis-waralaba-atau-usaha-franchise/
Bisnis waralaba
adalah salah satu bentuk bisnis yang banyak dilirik oleh para pengusaha
saat ini, baik itu pebisnis baru/ pemula ataupun pebisnis yang sudah
berpengalaman. Konsep bisnis waralaba ini sangat memungkinkan seseorang
yang memiliki modal materiil tapi kurang berpengalaman dalam membangun
bisnisnya sendiri untuk memiliki sebuah usaha yang menguntungkan,
terutama bila membeli waralaba dari sebuah merk dagang yang sudah
terkenal. Potensi bisnis ini sangat menguntungkan untuk jangka waktu
yang lama, namun perlu diperhatikan bahwa tidak semua jenis usaha
waralaba cocok untuk setiap orang.
Bagi pengusaha yang memiliki modal
besar, membeli franchise/ waralaba yang harganya mahal bukanlah sebuah
masalah. Namun tidak demikian pada calon pengusaha yang memiliki modal
terbatas, mereka biasanya akan berpikir berkali-kali sebelum memutuskan
menjalankan usaha waralaba. Besar biaya untuk menjalankan waralabasangat
beragam, murah atau mahal itu menurut saya relative dilihat dari
potensi bisnisnya untuk jangka panjang. Harga waralaba biasanya berkisar
mulai dari Rp 10 juta hingga Rp 1 milliar, tapi untuk waralaba lokal
ternyata ada juga yang menawarkan harga sekitar Rp 5 jutaan.
Artikel terkait: Peluang Usaha Rumahan
Nah, dalam artikel ini Saya ingin
membahas tentang beberapa waralaba modal kecil yang bisa dijalankan oleh
calon pengusaha yang memiliki modal terbatas. Perlu diingat juga bahwa
selain membeli franchisenya, pembeli waralaba juga harus memikirkan
tentang gaji karyawan dan juga beberapa persiapan lainnya. Jadi kita
memang harus benar-benar mempersiapkan diri secara finansial sebelum
membeli sebuah waralaba.
Berikut ini adalah beberapa peluang bisnis waralaba yang dapat dijalankan dengan modal relative kecil:
1. Bisnis Waralaba Makanan & Minuman
Menjalankan bisnis waralaba makanan
& minuman memiliki potensi bisnis yang sangat bagus karena makanan
merupakan kebutuhkan pokok manusia yang pasti selalu dicari orang.
Namun, merintis bisnis makanan, misalnya restaurant atau tempat makan
dengan merk dagang baru adalah sebuah tantangan yang sangat sulit,
terutama untuk orang yang belum memiliki pengalaman berbisnis makanan
sebelumnya.
Ada banyak waralaba makanan &
minuman yang menawarkan franchisenya dengan harga yang relative murah,
tapi tidak semua cocok dengan Anda. Sebaiknya kita memilih bisnis
waralaba makanan & minuman yang punya keunikan, punya potensi bisnis
yang bagus, dan harganya terjangkau. Untuk melihat contoh waralaba
makanan & minuman, Anda bisa mengunjungi link ini [Waralaba Makanan & Minuman].
Informasi waralaba www.centerwaralaba.com
2. Bisnis Waralaba Loundry & Jasa Kebersihan
Kalau kita perhatikan, bisnis loundry
ternyata punya potensi yang sangat bagus lho, apalagi kalau bisnis ini
dijalankan di lokasi yang strategis. Untuk bisnis waralaba Loundry,
biasanya franchisor (pemilik waralaba) akan membantu kita dalam
menentukan lokasi yang strategis untuk bisnis ini.
Biasanya bisnis waralaba loundry dan
jasa kebersihan akan sangat laris bila dijalankan di lokasi perumahan,
kampus, dan kost-kostan. Sekarang ini banyak sekali orang yang lebih
memilih jasa loundry untuk mencuci pakaian mereka daripada harus mencuci
sendiri, selain karena lebih mudah, hasil pekerjaannya lebih rapih, dan
harga jasanya juga relative murah.
Ketika kita ingin menjalankan bisnis
ini, pastikan kita memilih waralaba yang punya reputasi baik dan mau
memberikan solusi pada masalah Anda sebagai pemula dalam bisnis ini.
Lebih baik mengeluarkan modal agak besar di awal untuk waralaba dari
franchisor yang punya reputasi baik, daripada modal kecil tapi potensi
resiko lebih besar karena franchisor tidak memiliki reputasi dalam
bisnis ini. Untuk melihat beberapa waralaba Loundry & Jasa
Kebersihan, silahkan mengunjungi link ini [Waralaba Loundry dan Jasa Kebersihan].
3. Bisnis Waralaba Di Bidang Kesehatan & Kecantikan
Banyak sekali orang yang membutuhkan
sarana atau tempat-tempat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan mereka,
terutama kaum hawa. Beberapa tempat perawatan kesehatan dan kecantikan
yang sering dikunjungi orang adalah tempat-tempat fitness, reflexy,
salon, spa, dan lain-lain. Itulah alasannya mengapa bisnis ini sangat
potensial untuk dijalankan.
Ada beberapa perusahaan yang bergerak di
bisnis ini menawarkan waralabanya kepada calon pengusaha seperti Anda,
tapi sebaiknya pilih satu yang paling sesuai dengan minat dan kemampuan
Anda, misalnya Anda ingin memiliki usaha spa. Untuk melihat beberapa
waralaba Kesehatan & Kecantikan, silahkan mengunjungi link ini [Waralaba Kesehatan & Kecantikan].
4. Bisnis Waralaba Di Bidang Jasa Pendidikan & Pelatihan
Ternyata ada banyak perusahaan yang
bergerak dibidang jasa pendidikan & pelatihan menawarkan waralaba
bagi calon pengusaha yang ingin memiliki bisnis sendiri. Bila Anda
adalah seseorang yang memiliki minat pada industri jasa pendidikan dan
pelatihan, maka Anda harus mempertimbangkan untuk memilih waralaba ini.
Perlu kita ketahui bahwa tidak semua
perusahaan di bidang jasa pendidikan dan pelatihan menawarkan
waralabanya dengan harga yang murah. Ada diantara mereka yang menawarkan
waralabanya dengan harga yang sangat mahal, tentunya kita harus
menyesuaikan dengan kemampuan keuangan yang kita miliki. Untuk melihat
beberapa waralaba Jasa Pendidikan dan Pelatihan, silahkan kungjungi link
ini [Waralaba Jasa Pendidikan & Pelatihan].
Nah, dari beberapa jenis waralaba yang
sudah disebutkan di atas, tentunya Anda punya pilihan sendiri waralaba
apa yang sesuai dengan minat dan kemampuan Anda. Setelah memilih jenis
waralabanya, tentunya ada hal lain yang perlu kita perhatikan ketika
kita ingin menjalankan bisnis ini, yaitu mencapai keberhasilan bisnis
waralaba kita.
Berikut ini adalah beberapa tips untuk memilih bisnis waralaba yang akan dijalankan:
1. Pilih waralaba yang mudah dijalankan
Sebaiknya kita tidak memilih waralaba
yang dapat menyita waktu dan pikiran kita. Untuk itu, pastikan bahwa
waralaba yang akan kita jalankan dapat dikerjakan dengan mudah dan
praktis. Pilihlah lokasi yang mudah dijangkau dan lingkungannya juga
aman. Ini sangat penting karena kemudahan akses dan juga keamanan lokasi
bisnis Anda akan sangat berpengaruh pada jumlah pelanggan yang datang
ke tempat Anda.
2. Pilih waralaba yang punya banyak konsumen
Utamakan untuk menjalankan bisnis
waralaba yang memiliki konsumen banyak dan bisa menjangkau semua
kategori umur. Memilih jenis waralaba yang konsumennya sedikit memiliki
resiko kerugian lebih besar. Salah satu contoh jenis waralaba yang
banyak konsumennya adalah waralaba makanan dan minuman.
Artikel terkait: Peluang usaha modal kecil
3. Pilih waralaba yang harga produknya terjangkau
Selain jenis waralabanya punya banyak
konsumen, faktor harga juga sangat menentukan keberhasilan sebuah bisnis
waralaba. Jangan memilih waralaba yang mematok harga yang tinggi untuk
produknya dan tidak sesuai dengan kondisi ekonomi masyarakat di sekitar
bisnis Anda.
4. Pilih waralaba yang memberikan pelayanan yang baik
Pelayanan dan juga garansi pada produk
adalah sesuatu yang sangat penting untuk menjaga kepercayaan pelanggan.
Oleh karena itu, pilihlah waralaba yang memberikan pelayanan dan juga
garansi jaminan mutu pada produknya untuk meningkatkan rasa percaya
pelangganAnda, tentunya ini akan sangat membantu dalam pengembangan
bisnis waralaba Anda ke arah yang lebih baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar